Harapan dan Tantangan Baru di Musim Kedua – Football Manager 2017



Libur akhir musim telah berakhir. Semua pemain dan staff pelatih pun kembali datang ke Centro Sportivo di Formello, yang merupakan Training Ground yang biasa digunakan oleh para punggawa Lazio. Sebelum memulai latihan perdana, kami berkumpul sejenak melakukan diskusi kecil untuk menghadapi musim depan yang akan segera dimulai. 

Senang rasanya dapat kembali melihat pemain-pemain yang musim sebelumnya tampil sangat gemilang hingga dapat membawa Lazio menjuarai Serie A. Dalam diskusi kecil ini, saya sebagai Manager Lazio pun ingin memberikan beberapa informasi dan sedikit motivasi untuk para pemain. Sebenarnya, saya ingin juga memberikan para pemain saya tugas untuk menceritakan bagaimana dan kemana liburan mereka, namun saya tidak jadi melakukannya karena mereka bukan anak Sekolah Dasar lagi.

Dalam diskusi ini, ada beberapa hal yang saya bicarakan kepada pemain dan staff yang berkumpul. Salah satunya adalah berita bahagia bahwa Management Lazio melakukan peningkatan untuk fasilitas Training dan Youth. Proses peningkatan kualitas ini akan segera dimulai dan diperkirakan selesai pada bulan November nanti. Sungguh berita yang amat bahagia bagi para pemain karena dengan meningkatnya kualitas sarana latihan mereka, berarti mereka dapat terus mempertajam kemampuan mereka dan memenuhi bakat serta potensi mereka.

Pada diskusi ini pun saya juga menyampaikan target Lazio untuk musim baru ini. Target saya di Serie A pun tidak terlalu berlebihan, hanya ingin mengamankan tiket Liga Champions untuk musim berikutnya. Sementara, pada musim baru ini kami yang akan bermain di Liga Champions pun hanya memasang target lolos dari Fase Grup, meskipun sebenarnya saya memiliki target pribadi untuk lolos setidaknya sampai perempat final. Sementara untuk Coppa Italia, sepertinya menjadi semi-finalis merupakan hal yang realistis untuk Lazio.

Selesai berdiskusi, latihan pun dimulai untuk mengembalikan kebugaran para pemain. Sementara, untuk awal musim ini, Lazio membuat jadwal tanding uji coba yang bagus. 8 pertandingan ujicoba sebelum liga dimulai menurut saya cukup bagus untuk mengembalikan kemampuan dan kebugaran pemain, serta untuk lebih memperdalam pemahaman taktik mereka. Selain dari segi teknis tersebut, uji coba itu pun memiliki sisi yang sangat bagus dari segi finansial. Dari 8 pertandingan uji coba, kami diperkirakan akan meraup keuntungan hingga 1,9 juta pounds. Dari total pemasukan tersebut, 700 ribu pounds diantaranya kami dapat ketika kami akan melakukan uji coba melawan FC Barcelona di Camp Nou.

Dari segi transfer pemain, kami hanya sedikit melakukan perubahan. Tim pemenangan kami pada musim kemarin pun banyak kami pertahankan, dan hanya melakukan sedikit penambahan di beberapa area. Terhitung, sejauh ini, hanya 2 orang yang sudah resmi masuk sebagai pemain baru Lazio. 2 orang tersebut adalah Bruno Zuculini dan Mattia Perin. Perekrutan Zuculini kami lakukan untuk memperkuat lini tengah kami. Zuculini kami dapatkan secara gratis setelah kontraknya bersama Manchester City habis dan tidak diperpanjang. Sementara Mattia Perin kami dapatkan dengan banderol 5,5 juta pounds. Kehadiran penjaga gawang muda Italia ini kami harapkan dapat menjadi penerus Marchetti yang sudah mulai dimakan usia.

Lazio Transfer Activity - footballmanagerwriter.blogspot.com

Setelah rangkaian 7 pertandingan uji coba kami lakukan, kami ditunggu Juventus untuk melakoni laga Super Coppa Italia, 2 minggu sebelum kick off laga perdana Serie A Italia. Pertandingan ini juga saya anggap sebagai misi balas dendam setelah kekalahan kami pada laga final Coppa Italia kemarin. Lazio menurunkan pemain-pemain terbaiknya pada pertandingan ini, begitupun dengan Juventus. Laga ini pada akhirnya dapat dimenangkan oleh Lazio dengan skor 2-0 yang dicetak oleh Immobile dan Cataldi.

Super Coppa Italia Lazio vs Juventus - footballmanagerwriter.blogspot.com
 Selepas pertandingan Super Coppa, kami menjalani uji coba terakhir melawan Ancona, seminggu sebelum dimulainya Serie A. Dalam keseluruhan, laga uji coba kami berjalan lancar meskipun mendapatkan beberapa kekalahan. Namun, dari segi kebugaran pemain yang telah kembali, serta kemenangan melawan Juventus menaikan semangat dan morale para pemain untuk menghadapi musim baru ini. 

Lazio Friendly Result - footballmanagerwriter.blogspot.com
 Laga pertama Serie A kami akan menghadapi Genoa. Bagaimana kisahnya? Nantikan terus kelanjutannya yaa!

Comments